August 30, 2014

12 Luck of Human Life

12 luck of Human life

 

Pernah saya ditanyai oleh seseorang, apakah Feng Shui itu bisa mempengaruhi penghidupan seseorang menjadi lebih baik ? Saya menjawabnya dengan tegas, “YA” ilmu Feng Shui itu bisa bekerja akan tetapi itu bukanlah “SATU-SATU”- nya faktor yang akan mempengaruhi penghidupan kita agar menjadi lebih baik.

Mengapa ?Dalam penghidupan kita ini, banyak faktor-faktor “X” yg mana kita, manusia, memiliki panca indera yg terbatas sehingga tidak mengetahui sebab dan akibat sebuah fenomena yg terjadi pada diri kita.

 

Menurut ajaran orang Tiongkok kuno, ada 12 hal yg dapat mempengaruhi penghidupan seseorang, yaitu :  

 

1.Yi Ming Karakter Ming disini, sebetulnya menjelaskan pada istilah BEN MING . BEN MING adalah INTI TAKDIR yg sudah digariskan oleh TUHAN YME.

 

Menurut ajaran Taoisme BEN MING bisa diartikan sebagai  XIAN TIAN BEN MING, yaitu nasib seseorang yang sudah ditentukan sebelum manusia itu lahir didunia. Ini adalah HUKUM KARMA. Dan, sampai saat ini tidak ada satu orang-pun yang bisa menjelaskan BEN MING seseorang dengan akurat, mengapa ? Karena ini DILUAR konteks RUANG & WAKTU.

 

Banyak ilmu peramalan Tiongkok seperti, Zi Ping Ba Zi yg menggunakan 4 pilar (Tahun, Bulan, Tgl, Jam) utk mencoba menjelaskan BEN MING seseorang yg lahir pd Thn, Bln, Tgl, Jam yg sama akan tetapi masih mengundang banyak kontroversi tanpa ada hasil yg memuaskan.

 

Kok bisa ?Coba pikir, jika pada waktu Hitler atau Mao Zi Dong lahir, dan pada waktu itu ada beberapa puluh bayi yg lahir pd jam yg sama, apakah mereka nasibnya juga sama seperti Hitler dan Mao Zi Dong, menjadi seorang pemimpin yg besar?

 

2.Er Yun Karakter Yun disini, sebetulnya hampir sama dengan BEN MING, akan tetapi bisa diartikan sebagai HUO TIAN BEN MING, yaitu perputaran / siklus NAIK-TURUN-nya  penghidupan seseorang dalam ruang lingkup XIAN TIAN BEN MING.

 

Logikanya begini :Menurut ajaran Taoisme lagi, TIDAK ADA SATU BENDA DI DUNIA INI YG KEKAL ABADI.   Ibarat Bulan, ada masa-masanya untuk PENUH ada masa-masanya untuk menjadi SABIT.

 

Demikian juga dengan penghidupan manusia, kadangkala kita berada di atas, kadangkala kita ada di bawah.

 

Demikian juga dengan YUN, ada waktunya bintang kita lagi TERANG, ada waktunya lagi GELAP.

 

Prinsipnya cuma satu:”KETIKA SUKSES JANGANLAH SOMBONG” “KETIKA GAGAL JANGANLAH KECEWA”  

 

3.San Feng Shui Nah…disinilah karakter Feng Shui dipakai!

 

Ilmu Feng Shui sebetulnya sudah lama sekali dipakai sejak ribuan tahun yg lalu (Sebelum Masehi).

 

Dari generasi ke generasi hanya berubah istilah / namanya saja. Karena sejarahnya terlalu panjang, saya hanya bisa berkata bahwa Ilmu ini sebetulnya dipakai agar Manusia bisa hidup HARMONIS dengan alam.

 

HARMONIS Artinya? Guru-guru Taoisme jaman dulu, sering mengartikannya sebagai “CHENG SHENG QI, NA SHENG QI, LAI SHENG QI”.

 

Karena pengertian kata-kata ini agak filosofis, singkatnya dimana Anda tinggal, Anda merasa BAHAGIA, SEHAT, dan TENTERAM.

 

Jikalau hati Anda Bahagia, Badan Sehat, dan Pikiran Tentram, sewaktu Anda bekerja, Anda akan bekerja lebih POSITIF (dalam pengertian yg layak tentunya).  

 

4.Si Ju Yin De Karakter De bisa diartikan sebuah Amal atau Jasa.

 

Ju bisa diartikan mengumpulkan atau sering menanam.

 

Menurut pengertian Taoisme, De (Jasa/Amal)  itu ada 2 macam:

 

– Yang De: Amal/Jasa yg diketahui oleh orang lain.

– Yin De: Amal/Jasa yg tidak diketahui oleh orang lain.

 

Jadi, Ju Yin De bisa diartikan banyaklah menanam amal / jasa pada orang lain, tetapi janganlah memberitahu perbuatan Anda tsb pada orang lain.    

 

5.Wu Du Shu Du Shu bisa diartikan sebagai sekolah atau belajar atau membaca buku yg BERGUNA.

 

Ini dalam ruang lingkup PENGETAHUAN.  Jika seseorang pengetahuannya luas,   maka dia dapat menggunakan pengetahuan tsb, untuk  memperbaiki penghidupannya sendiri (termasuk mempelajari sebuah ketrampilan tertentu dalam kehidupan bermasyarakat) .  

 

6.Liu Ming Ming bisa diartikan sebuah  Nama BAIK atau Kedudukan seseorang.

 

Ming ada 2 macam:

– Nama yg didapatkan dari turun-temurun (warisan) dr keluarga seseorang yg terkenal / ternama.

– Nama yg didapatkan dari jerih payahnya sendiri untuk membangun nama yg BAIK.

 

7.Qi Xiang Xiang bisa diartikan sebuahpenampilan seseorang.

 

Mengapa Xiang ini penting? Karena penampilan seseorang akan mempengaruhi CITRA-nya dia sendiri ketika berhubungan dengan orang lain.        

 

 

8.Ba Jing Shen Jing Shen bisa diartikan menghormati Dewa-Dewi (Ini adalah ajaran orang Tiongkok kuno, yg mana dinegara Tiongkok sendiri masyarakatnya kebanyakan beragama Tao, Buddha, dan Konghucu).

 

 

Juga bisa diartikan menghormati leluhur atau nenek moyang kita yg sudah tiada.  

 

9.Jiu Jiao Kui Ren  Jiao Kui Ren, berarti bahwa kita mendapat bantuan dari orang lain (Kui Ren).

 

Kui Ren ini bisa berasal dari 2 tipe orang:

– Superior: orang-orang yg lebih mampu (dr segi materiil / non materiil) dari kita.    -Inferior: orang-orang bawahan kita (seperti: memiliki pegawai/bawahan yg Jujur, Giat,dsb.)    

 

10.Shi Yang Sheng Yang Sheng, bisa diartikan sebagai  MENJAGA KESEHATAN BADAN.

 

Logikanya? Jika badan kita sakit-sakitan (sering sakit),   mana mungkin kita bisa bekerja lebih baik?  

 

11.Shi Yi Ye Yi Zhi E Ye Yi Zhi E bisa diartikan CARILAH KAWAN DAN PASANGAN HIDUP YG BAIK. Mengapa?  

 

12.Shi Er Ming Ji Xiong Ming Ji Xiong artinya “MENGERTILAH”  JIKALAU MENDAPAT SEBUAH KESEMPATAN YG BAIK, JANGANLAH MELEPASKANNYA. dan “MENGERTILAH” HAL-HAL YG BISA MEMBAHAYAKAN PENGHIDUPANMU.

 

 

 

Tapi saat sekarang ini  tidak semuanya banyak di ketahui orang , secara umum orang hanya mengetahui 5 macam saja yaitu :

1.     Nasib atau karma ( destiny)

2.     Keberuntungan ( Luck cycle)

3.     Fengshui

4.     Amal yang baik

5.     Pengetahuan

 

Jadi fengshui hanya nomer sekian dari keseluruhan, yang penting adalah nasib atau karma  yang baik  dan nasib tersebut bisa kita ciptakan selama masih  hidup dengan perbuatan baik, jauh dari iri, dengki dan sebagainya.

 

12 macam secara komplit ataupun 5 macam yang umum di ketahui oleh manusia lah yang mempengaruhi fengshui suatu rumah, sehingga banyak sekali parameter yang harus di pertimbangkan. Yang juga menyebabkan kenapa fengshui kadang kala tidak berjalan seperti yang kita harapkan